Thursday, August 6, 2009

W.S. RENDRA MENINGGAL DUNIA


Sepertinya, tahun ini adalah tahun meninggalnya banyak seniman dan olahragawan besar. Setelah Michael Jackson; Sir Bobby Robson; dan Mbah Surip, kini giliran W.S. Rendra yang menyusul. Sastrawan yang dikenal dengan julukan Si Burung Merak ini meninggal dunia pada Kamis, 6 Agustus 2009 pada pukul 22.05 WIB di RS Mitra Keluarga, Depok, Jawa Barat.

Rendra diperkirakan mengidap penyakit gagal ginjal sejak lama yang mengharuskannya untuk cuci darah. Namun, menurut penuturan dari salah seorang sahabatnya, Rendra diperkirakan terkena serangan jantung.

Teman dekat Mbah Surip ini adalah pendiri Bengkel Teater pada tahun 60-an. Ia lahir sekitar 74 tahun silam, yakni pada 7 November 1935 di Solo; Jawa Tengah. Ayahnya adalah seorang guru bahasa Indonesia dan bahasa Jawa, sedangkan ibunya adalah seorang penari Srinti di keraton.

Rencananya, Rendra akan dimakamkan pada tempat yang sama dengan makam Mbah Surip, yakni di pekarangan belakang Bengkel Teater.

Dengan berpulangnya Rendra, tentu saja dunia seni dan budaya Indonesia akan merasa amat kehilangan. Ia merupakan seorang sastrawan dan budayawan berpengaruh. Ia banyak menulis sajak terkenal dan indah dalam bahasa Indonesia dan juga bahasa asing.

Kehilangan orang-orang besar dalam waktu yang cukup berdekatan, cukup membuat dunia berduka dalam.

No comments:

Post a Comment

Please type your comment here!