Saturday, June 20, 2009

Stop DREAMING Start ACTION



Rata-rata manusia tentu mempunyai mimpi/dream. Banyak keinginan yang ingin mereka raih dalam hidup, yang biasanya terkait dengan materi. Ingin punya duit banyak, mobil mewah, rumah gedung, istri cantik, bisnis sukses, dan lain sebagainya. Anda atau saya mungkin termasuk di dalamnya. Apapun status sosial kita; di manapun kita berada; dan apapun pekerjaan kita, tidak menutup kemungkinan untuk berpotensi seperti itu. Apalagi jika kita cermati salah satu sifat manusia: yang biasanya tidak pernah puas terhadap suatu pencapaian; terhadap dirinya sendiri.

Namun sayangnya, kebanyakan atau rata-rata orang hanya terhenti sampai mimpi-mimpinya itu. They are just dreaming. Banyak waktu yang dihabiskan hanya untuk menghayal. Mereka seolah-olah gamang alias ragu untuk memulai sesuatu. Sesuatu yang dapat mewujudkan mimpi-mimpi tersebut.

Banyak penyebab yang dikemukakan, yang dijadikan alasan mengapa orang terhambat untuk menggapai mimpi-mimpi tersebut. Di antaranya adalah:
  • takut gagal
  • kurang percaya diri
  • tidak punya modal
  • takut bersaing
  • dan lain sebagainya
Semua manusia memiliki rasa takut. Takut gagal juga termasuk di dalamnya. Itu normal dan sangat manusiawi. Namun, apakah kita akan terjebak oleh rasa takut kita untuk selamanya? Jawabannya: tidak!!! Rasa takut harus diatasi, jika kita ingin berhasil; ingin menang.

Kurang PD juga hal yang manusiawi. Tetapi sayangnya, salah satu syarat untuk sukses adalah percaya diri. Banyak orang yang sukses hanya dengan modal PD gede, seperti artis misalnya. (Atau orang-orang yang sudah mengikuti program SMUO. He, he, he!)

Tidak punya modal merupakan alasan yang cenderung dibuat-buat, menurut saya. Coba perhatikan saudara-saudara kita orang Tiong Hoa! Hampir semua dari mereka sukses tanpa modal dana cukup - jika itu yang Anda maksud. Nenek moyang mereka datang ke Nusantara secara bergelombang sejak beratus-ratus tahun yang lalu. Dan..., menurut sejarah, yang mereka punyai hanyalah harapan untuk menjadi lebih baik; menjadi sukses.

Tiada harta atau benda yang cukup berarti untuk dijadikan modal usaha. Hal itu merupakan perjudian hidup yang cukup besar. Namun, mereka justru punya modal yang jauh lebih besar daripada sekedar dana, yaitu keyakinan - di samping skill berdagang. Dengan bekal tersebutlah orang-orang Tiong Hoa kemudian beraksi: mencari kesuksesan di bumi Nusantara. Mereka lakukan secara bertahap dan penuh kesabaran, tanpa ada rasa minder atau gengsi terhadap pribumi yang mayoritas. Dan..., hasilnya bisa kita lihat sekarang.

Takut bersaing identik dengan takut gagal. Saya pikir dua-duanya adalah sejoli. Namun, hidup ini tak akan indah tanpa persaingan. Yang penting kita tidak lupa bahwa bersaing itu harus dengan jujur dan sportif. Ingat semua ada balasannya. Kita berbuat baik, hasilnya akan baik. Berbuat buruk, buruklah pula hasilnya.

Banyak lagi asalan yang sering menjadi penghambat bagi seorang untuk maju, untuk meraih mimpi-mimpinya. Akan tetapi, ada satu hal yang jelas:

Hal-hal negatif itu tak boleh menghalangi kita untuk menggapai mimpi, untuk sukses.

Jadi:

Berhentilah bermimpi, dan mulailah beraksi! Jadikanlah mimpi sebagai
bahan bakar atau motivasi!

Mas Joko Susilo banyak memberikan motivasi bagi kita semua lewat e-book SMUO-nya. Anda tidak hanya akan menemukan penjelasan-penjelasan teknis di dalamnya, tapi juga info-info hangat yang dapat membangkitkan gairah Anda berbisnis.

Banyak hal yang bisa kita contoh dari orang-orang yang lebih dahulu sukses. Yang terpenting adalah aksi. Einstein - kalau tidak salah - pernah bilang: penemuan itu 1% ide, 99% aksi.

Ciao!!!





Salam hangat,



'Ammar


No comments:

Post a Comment

Please type your comment here!